Anis Matta: Semangat Voluntarisme Muhammadiyah Bisa Jadi Model Sosial dalam Mengintegrasikan Sistem Keagamaan

- Kamis, 24 November 2022 | 11:37 WIB
Narasumber Gelora Talks (Istimewa )
Narasumber Gelora Talks (Istimewa )

 

URBANDEPOK.COM - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta melihat semangat voluntarisme Muhammadiyah dalam Muktamar ke-48 di Solo, Jawa Tengah yang digelar pada 18-20 November lalu, sangat luar biasa.

"Kita respek dengan ormas-ormas seperti Muhammadiyah yang baru melaksanakan muktamar dengan jumlah hadirin yang begitu besar jumlahnya, tetapi sangat damai. Proses pemilihannya sangat demokratis," kata Anis Matta dalam Gelora Talk bertajuk 'Membedah Agenda Keumatan Muktamar Muhammadiyah ke-48, Rabu (23/11/2022).

"Jadi ini yang menarik, Muktamarnya nggak pakai berkelahi, padahal jumlah massanya luar biasa banyaknya. Artinya, ada proses pemilihan pemimpin demokratis di Muhammdiyah," katanya.

Baca Juga: 3 Posisi Penempatan di Bekasi, Berikut Lowongan Kerja PT Lima Duapuluh Nusantara Ekspress (J&T Express)

Anis Matta melihat ada pesan kuat yang ingin disampaikan pimpinan dan kader Muhammadiyah dengan terpilihnya Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah untuk periode kedua di dalam Muktamar ke-48 yang mengambil tema 'Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta'.

"Ada pesan kuat yang ingin disampaikan pimpinan dan kader Muhammadiyah kepada publik Indonesia secara umum. Pertanyaannya, apa makna yang ditawarkan dari pencerahan semesta ini," ujar Anis Matta.

Ketua Umum Partai Gelora ini menilai ada model sosial yang ingin ditawarkan Muhammadiyah untuk Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia melalui semangat voluntarisme tersebut.

"Semangat voluntarisme ini bisa menjadi model sosial dalam mengintegrasikan sistem keagamaan ke dalam sistem kenegaraan. Ini bisa menjadi solusi bagi negara dan dunia yang saat ini tengah mengalami krisis ideologi," katanya.

Baca Juga: PT CS2 Pola Sehat Buka Lowongan Kerja Accounting Staff Penempatan di Jakarta

Halaman:

Editor: Ade Rachmat

Sumber: Rilis Partai Gelora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Status Naik Level Awas!

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:35 WIB
X