Susah Tidur? Kenali 5 Penyebabnya!

- Jumat, 26 Mei 2023 | 14:45 WIB
Susah tidur (Andrea Piacquadio via Pexels.com)
Susah tidur (Andrea Piacquadio via Pexels.com)

URBANDEPOK.COM - Apakah kamu sering mengalami kesulitan tidur di malam hari? Jika iya, mungkin kamu tidak sendirian.

Susah tidur menjadi masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang di berbagai usia. Penyebab dari kesulitan tidur dapat bervariasi, dan dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola tidur kita.

1. Pola Pikiran yang Aktif

Pola pikiran yang terus-menerus berputar saat kita berbaring di tempat tidur dapat menjadi salah satu penyebab susah tidur.

Baca Juga: Manfaat Buah Belimbing Dewa, Buah yang Menjadi Salah Satu Ikon Kota Depok!

Ketika kita merasa cemas, stres, atau terlalu banyak berpikir tentang masalah sehari-hari, sulit bagi tubuh dan pikiran kita untuk rileks. Hal ini dapat mengganggu tidur kita dan membuat kita sulit untuk tertidur atau tidur dengan nyenyak.

2. Gangguan Kecemasan dan Depresi

Kecemasan dan depresi adalah masalah mental yang sering dikaitkan dengan masalah tidur. Ketika seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan atau depresi, gejala tersebut dapat memengaruhi pola tidur mereka.

Baca Juga: Pelayanan Buruk, Kepala Desa di Sidoarjo disekap Warganya Selama 6 Jam

Penderita cenderung mengalami kesulitan tidur, bangun tengah malam, atau tidur dengan kualitas yang buruk. Ketika gangguan kecemasan dan depresi dikelola dengan baik, tidur yang lebih baik juga dapat tercapai.

3. Pengaruh Teknologi dan Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Paparan terhadap cahaya biru dari perangkat elektronik seperti telepon pintar, tablet, atau televisi sebelum tidur dapat mengganggu produksi hormon melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur kita.

Baca Juga: 5 Tanda Red Flag dalam Hubungan yang Harus Kamu Ketahui!

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi kafein atau alkohol berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan masalah tidur.

Halaman:

Editor: Nurhadzah rosyidah

Sumber: Halodoc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Saja Efek dari Memakan Buah Nangka?

Kamis, 8 Juni 2023 | 13:15 WIB

Mengapa Kita Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Rabu, 7 Juni 2023 | 20:11 WIB
X